"Angin Darek", Pustu Bayua Tertimpa Pohon

Angin Darek
Angin Darek atau angin darat adalah angin yang berhembus dari darat ke laut, untuk wilayah Maninjau sendiri Angin Darek ini berhembus dari Timur Laut menuju Barat Daya. 

Angin yang berhembus sejak kemaren pagi ini dengan kecepatan mencapai 60-80 Km/Jam memporak-porandakan kawasan Kubu Baru sampai Kampung Jambu juga wilayah pantai barat Danau Maninjau. 

Dari pantauan sejak pagi hingga siang ini sebuah pohon pelindung dipinggir jalan rubuh dan menimpa Puskesmas Pembantu Nagari Bayua, puluhan atap rumah juga mengalami kerusakan begitu juga dengan atap Kantor Camat Tanjung Raya.

Angin Darek ini juga mengakibatkan rusaknya karamba jaring apung milik petani, dan mengakibatkan tubo belerang diwilayah gasang dan sekitarnya. 

Sepanjang kelok 44 banyak marka jalan yang rusak, buah beserta daun kelapa berserakan disepanjang jalan sehingga para pengendara harus ekstra hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan. Jaringan telepon dan listrik juga mengalami gangguan karena banyak nya pohon kayu yang tumbang serta patah.

Di wilayah Sigiran sendiri sebuah rumah juga tertimpa pohon pala yang tumbang dan merusak atap serta kuda-kuda rumah, hal ini dibenarkan oleh Wali Jorong Sigiran Amrizal S.Pd.I saat dikonfirmasi.

“Kejadian ini sekitar jam 13.00 WIB menimpa rumah Samsidar, dan beruntung penghuni rumah selamat dan tak kurang satu apapun” ungkap Wali Jorong ini.

Sampai berita ini diturunkan, angin masih bertiup cukup kencang dan menimbulkan gelombang yang cukup besar.
 


Ranah Maninjau
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita dengan judul "Angin Darek", Pustu Bayua Tertimpa Pohon. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ranah-maninjau.blogspot.com/2013/03/angin-darek-pustu-bayua-tertimpa-pohon.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - 5 Maret 2013