Silek Galombang

Silek GalombangSilek Galombang pada dasarnya adalah seni bela diri Silek ( Silat ) khas Minangkabau, hanya saja Silek Galombang dilakukan secara bersama-sama. Dua kelompok yang terdiri 9 sampai 15 orang untuk satu kelompok nya saling berhadapan melakukan gerakan "langkah ampek" (langkah empat) yang merupakan jurus dasar dalam Seni Silat Minangkabau.

Kedua kelompok ini dipimpin oleh seorang tuo silek, dan gerakan tuo silek ini lah yang diikuti oleh anggota kelompok mereka masing-masing sehingga seperti gelombang lautan, serentak dan teratur.

Kalau zaman dahulu, seni Silek galombang ini tidak sekedar bertarung dengan jurus-jurus silat jarak jauh saja namun dibarengi juga dengan ilmu kebathinan, sehingga tak jarang ada yang sampai mengeluarkan keringat darah disaat pertarungan tersebut.

Kesenian Silek Galombang ini biasa nya dipertontonkan hanya pada acara-acara tertentu saja seperti Penyambutan Pengantin Pria saat pesta pernikahan atau dalam acara penyambutan tamu kehormatan.

Demikianlah sedikit mengenai Seni Silek Galombang ini, semoga bisa menjadi penambah wawasan kita semua.


Ranah Maninjau
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesenian dengan judul Silek Galombang. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ranah-maninjau.blogspot.com/2012/10/silek-galombang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - 13 Oktober 2012

1 Komentar untuk "Silek Galombang"

  1. keseniaan daerah salingka danau maninjau memang kaya akan khasanan budaya, jan sampai baranti di situ sajo dunsanak. lanjutkan
    salam budaya

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Terima Kasih...