Kelok 44

Kelok 44
Kelok 44
Kelok 44 adalah jalan yang menghubungkan Maninjau dengan Bukittinggi, sekitar 30 Km dari Bukittinggi. Jalan sepanjang 6 Km ini sebenarnya bukan lah merupakan objek wisata. Yang dimaksud dengan Kelok 44 adalah jalan dengan 44 buah tikungan atau belokan. menanjak mulai dari Maninjau sampai ke Ambun Pagi. 

Jalan yang dibuat dimasa penjajahan Belanda ini menjadi terkenal karena kalau kita melewatinya dari arah Ambun Pagi (Bukittinggi) atau menuruni nya, Suguhan pemandangan Danau Maninjau yang indah dapat kita nikmati dengan leluasa.

Namun bagi para pengendara mobil yang untuk pertama kali nya melewati jalanan ini, akan memberikan pengalaman tersendiri, karena turunan dan tikungan yang tajam dengan lebar jalan secukupnya membuat jantung deg-degan. Sering sekali mereka yang baru melewati jalanan ini berkeringat dingin bahkan kadang-kadang menyewa sopir setempat.

Sebagai gambaran Kelok 44 ini hanya bisa dilewati oleh mobil ukuran kecil dan menengah, untuk mobil ukuran besar tidak akan bisa melewati tikungan atau belokan nya, karena jarak jalan di tikungan tersebut tidak lebih dari 5-7 meter.

Kelok 44 ini lebih dikenal lagi karena menjadi rute yang sangat menantang dalam pelaksanaan Tour De Singkarak. Pada rute ini para pembalap harus melewati nya dari Maninjau melewati tanjakan yang melelahkan. Para pembalap Internasional sendiri mengakui bahwa Event Tour De Singkarak tidak terasa menantang jika tidak melewati rute ini.

Secara administratif Kelok 44 ini menjadi milik 2 Kecamatan di Ranah Maninjau, yaitu Kecamatan Tanjung Raya dan Kecamatan Matua.

Bagi para pengendara diingatkan agar berhati-hati jika melewati Kelok 44 ini terutama pada Kelok 5 dan Kelok 22 baik yang menanjak maupun yang menurun. Pada Kelok 5 ini dikenal dengan sebutan Kelok Siku Balam (Balam=Nama Burung) atau Kelok Batambuah ( Bertambah ).  Sedangkan untuk kelok 22 sendiri harus ekstra hati-hati karena Kelok nya dengan tanjakan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelok lain nya. Selain dari itu mulai dari Kelok 1 sampai Kelok 16, jarak antar kelok nya lebih pendek.
  
Namun begitu, kalau tidak melewati Kelok 44 ini maka perjalanan anda ke Ranah Maninjau akan terasa belum lengkap dan sempurna.

Lokasi Kelok 44 di Google Maps dalam dilihat dibawah ini.



View Kelok 44 in a larger map



Sumber Fhoto : www.tourdesingkarak.com

Ranah Maninjau
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Wisata dengan judul Kelok 44. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ranah-maninjau.blogspot.com/2012/10/kelok-44_6.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - 6 Oktober 2012

1 Komentar untuk "Kelok 44"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Terima Kasih...