Kesenian Tansa

Alat Kesenian Tansa atau sebahagian masyarakat menyebutnya Tasa adalah alat musik yang terbuat dari bejana aluminium dengan diameter 14 Inchi, yang ditutupi dengan kulit Drumband berukuran 14 Inchi juga.

Pada awal nya Tansa ini terbuat dari bejana tanah dengan memakai kulit kijang atau kulit anak kambing sebagai penutupnya yang dikencangkan memakai tali rotan dengan anyaman yang sedemikian rupa. Bejana yang bagus dahulunya didatangkan dari Aceh.

Cara pemakaian dari Alat Kesenian Tansa ini adalah dipukul sambil berdiri dengan memakai dua batang rotan berukuran panjang sekitar 50 Cm, semakin kecil diameter rotan semakin bagus dan nyaring suara Tansa yang dihasilkan. 

Alat Kesenian Tansa ini tidak berdiri sendiri, merupakan satu kesatuan dari alat kesenian Tambua, sehingga didalam pemakaian nya harus sejalan. Seperti telah dibahas pada artikel Alat Kesenian Tambua.

Jadi pada dasarnya Alat Kesenian Tansa ini merupakan Dirigen dari Alat Kesenian Tambua, irama yang dikeluarkan Tansa inilah yang diikuti oleh Tambua.



Ranah Maninjau
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesenian dengan judul Kesenian Tansa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://ranah-maninjau.blogspot.com/2012/09/kesenian-tansa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - 17 September 2012

Belum ada komentar untuk "Kesenian Tansa"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Terima Kasih...